-->

[VIRAL] Ngeri ! Video Septic Tank Meledak, Korban Tewas, Keterang Polisi dan Inilah Penjelasan Ilmiahnya

Video Septic Tank Meledak / foto dok instagram.com/
Video Viral Septic Tank di Jakarta Timur Meledak Hingga Membelah Tanah dan Menyebabkan Korban Tewas. Video viral tersebut memperlihatkan dari septic tank yang meledak viral di media sosial.

Seorang petugas sedot wc berinisial S awal dihukum karena ledakan tangki septik di rumah Agus Soleh di Puri JIEP Permai Kavling O RT 016, RW 03, Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, Senin lalu (11/4/2019).

Rekaman video CCTV menunjukkan detik-detik ledakan septic tank di rumah warga Cakung, Jakarta Timur. Video itu diunggah ke Instagram oleh akun @kontributorjakarta.

Sebelum meledak, dua orang mengobrol. Mereka adalah pemilik rumah dan pengemudi sedot wc septic tank.

Dalam percakapan itu, pengemudi truk sedot wc meyakinkan pemilik rumah bahwa tangki septik bersih, tidak ada gas berbahaya. Sopir meyakinkannya dengan membakar koran di tangki septik.

Pengemudi bernama SI, kemudian menutup lubang tangki septik dengan kakinya. Namun setelah itu tangki septik meledak, diduga akibat gas.

Akibatnya, satu pekerja sedot wc inisial S (44) meninggal di tempat setelah ditumpuk oleh bahan tanah yang terangkat.

Lihat postingan ini di Instagram

Sepitenk Meledak . Seorang sopir berinisial SI mobil sedot tinja tewas lantaran terkena ledakan septic tank di rumah warga, Kav Puri JIEP Blok O, Kelurahan Jatinegara Jakarta Timur yang meledak pada Senin (4/11) siang kemarin. Berdasarkan rekaman CCTV berdurasi 41 detik, petugas tersebut sedang terlihat sedang berbincang dengan pemilik rumah. Perbincangan itu terjadi tepat di bawah lubang septic tank yang dibuat di atas parkiran . Saat itu, SI telah lebih dulu memasukan koran yang dibakarnya ke dalam lubang septic tank guna membuktikan proses penyedotan telah rampung . Setelah 20 detik, pemilik rumah memberitahu kepada petugas bahwa api yang dimasukan ke dalam lubang septic tank tak kunjung padam. "Mas itu apinya lho. Kata dia enggak apa-apa (kalau) enggak mati," ungkap pemilik rumah sambil memperlihatkan rekaman CCTV kepada petugas kepolisian. Petugas yang tadinya berbicara di dekat pagar kemudian mendekati pemilik rumah. . Seketika, ledakan besar terjadi dari bawah septic tank. Penutup lubang septic tank yang tertanam di bawah lantai juga terlepas akibat terkena efek ledakan . Besarnya ledakan bahkan membuat pemilik rumah terlempar. Beruntung ia tak terjatuh ke dalam lubang septic tank. Meski selamat dari maut, pemilik rumah tak bisa berjalan lantaran terluka terkena ledakan . Nasib nahas dialami SI. Ia terjatuh ke dalam lubang dan terkena luka yang cukup parah akibat terkena serpihan ledakan di sekujur tubuhnya. Sebelumnya, Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tom Sirait mengatakan kejadian berawal saat korban, SI (44) hendak membuktikan kepada pemilik rumah bahwa tugasnya menyedot septic tank sudah rampung . "Untuk meyakinkan pemilik rumah bahwa pekerjaannya sudah selesai, korban membakar koran. Korannya yang terbakar itu dimasukkan ke lubang septic tank sampai padam," kata Tom di Cakung, Jakarta Timur, Selasa (5/11/2019) . Artikel by wartakotalive #jakarta #kontributorjakarta #meledak #sepitenk
Sebuah kiriman dibagikan oleh Kontributor Jakarta (@kontributorjakarta) pada
Berdasarkan kesaksian seorang pengurus RW setempat, Ahmad Kana Firdaus, mengatakan bahwa seorang bernama S menyalakan api untuk memeriksa apakah ada air di tangki septik ukuran 2x1,5 meter.

Pemilik rumah itu mengakui bahwa septik tanknya tidak tersedot selama enam tahun. Endapan gas metana di dalam lubang segera menyambar dan terjadi ledakan besar. Membuat pelaku yang membakar jatuh ke dalam lubang.

Dilansir dari Kompas.com, kejadian ini terjadi pada Senin (11/4/2019) di rumah salah satu warga Desa Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur.

Sekitar pukul 11 ​​siang, Agus Soleh, pemilik rumah memanggil layanan sedot wc untuk datang ke rumahnya.

Kemudian, petugas berinisial WC berinisial S datang untuk melakukan penyedotan.

Dan setelah proses penyedotan selesai, tiba-tiba septic tank meledak hingga menyebabkan ledakan keras.

Korban S menderita luka bakar di wajah dan segera dibawa ke Rumah Sakit Harapan Jayakarta.

Polisi Ungkap Penyebab Ledakan Septic Tank di Cakung

1. Polisi telah menyelesaikan TKP di lubang septic tank Kavling Blok O, RT 16 RW 03, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (11/5/2019).

Kanit Reskrim Polsek Cakung, AKP Tom Sirait memberikan kesimpulan, bahwa sebuah septic tank milik agus Soleh tersebut mengandung cadangan gas metana, septic tank sudah lama dipenuhi kotoran manusia. Seperti dilansir lipuan6.com

Selanjutnya, Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tom Sirait menjelaskan penyebab ledakan septic tank di kediaman Agus.

Menurutnya, ledakan di septic tank disebabkan oleh api yang masuk oleh korban S.

Pada saat itu, korban S hendak meyakinkan Agus bahwa tangki septik telah dibersihkan dengan memasukkan koran yang terbakar.

Namun sial, api dari koran yang terbakar segera membuat gas metana disimpan dalam septic tank selama bertahun-tahun untuk meledak dan langsung menghantam korban S.

Dia juga menekankan bahwa tidak ada instalasi pipa gas di lubang tangki septik.

Jadi gas itu adalah gas metana murni sebagai hasil pembuangan kotoran di rumah.

Tom juga mengatakan, kejadian ini terjadi karena kecerobohan korban sendiri.

Namun, hingga saat ini Kepolisian Sektor SPKT Cakung mengaku tidak menerima laporan terkait kasus tersebut karena kedua belah pihak memutuskan untuk berdamai.

Sementara itu, mobil sedot wc yang digunakan SI sudah bisa diambil oleh keluarga di Mabes Polri Cakung.

Dia mengatakan itu setelah menerima informasi dari pemilik rumah Agus dan rekan-rekan korban TA.

2. Seperti dilansir laman Kompas.com, Tim Puslabfor Mabes Polri datang ke rumah ini untuk mengambil sampel dari septic tank. Sampel akan dibahas di laboratorium sebagai bagian dari diskusi.

Katim Puslabfor Mabes Polri Komisaris Besar Faisal mengatakan, di septic tank berisi gas metana dan karbon monoksida dari penguraian bakteri dalam kotoran manusia.

Sepasang pemicu dikeluarkan dari koran yang terbakar dan dimasukkan ke dalam septic tank. Petugas ingin menyelesaikan tinja yang sudah disedot.

Penjelasan Ilmiah Dibalik Ledakan Septic Tank

Berdasarkan halaman Detik.com, seorang Peneliti Utama Teknologi Lingkungan di Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Neni Sintawardani pada mulanya memaparkan sebuah penjelasan tentang proses pembentukan gas metana yang disebut proses anaerob. Proses ini secara alami terjadi karena aktivitas mikroba bakteri yang ada di septic tank.

Selama proses itu, lanjut Neni, mikroba melakukan proses pemecah tinja untuk menghasilkan biogas. Salah satu biogas yang dihasilkan adalah gas metana (CH4). Gas ini memiliki sifat mudah terbakar.
LihatTutupKomentar