-->

Cara Lolos Ujian CPNS, Sampai Resmi Diterima

Tes CPNS 2019
Kiat Sukses Lulus Tes CPNS
Pendaftaran untuk pemilihan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 akan segera dibuka kembali pada 11 November.

Lebih dari 152 ribu formasi dibuka dalam seleksi tahun ini. Ini jelas disambut oleh mereka yang ingin menjadi aparatur sipil negara (ASN) sebagai profesi mereka.

Menjelang pendaftaran CPNS, ada banyak hal yang perlu disiapkan oleh peserta. Mulai dari menyiapkan file, menentukan formasi yang akan dipilih, mempelajari pertanyaan seleksi CPNS, hingga mempersiapkan mental.

Karena PNS ternyata masih menjadi pekerjaan favorit banyak orang. Buktinya, setiap kali ada pendaftaran untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), orang masuk untuk mendaftar meski peluang lulus ujian CPNS sering tidak bagus. Bayangkan saja, dari ribuan orang yang mendaftar, terkadang tidak bahkan lima orang diterima. Persaingan sangat ketat, Pintarian.

Jika Anda juga benar-benar ingin menjadi pegawai negeri, tentu saja Anda harus mempersiapkan diri dengan cermat. Pastikan semua persyaratan telah dipenuhi dan Anda telah menyelesaikan persyaratan administrasi untuk waktu yang lama, karena beberapa dokumen memerlukan waktu pemrosesan yang lebih lama. Setelah itu, Anda harus berlatih mengerjakan soal tes CPNS secara teratur selama 1-2 bulan penuh sebelum tes dilakukan.

Kiat untuk Memilih Instansi

Meski sama-sama menerima seleksi melalui tes CPNS, instansi berbeda, juga komposisi masalah berbeda. Seumpama, ada salah satu peserta tes CPNS, yang memberikan testimoninya bahwa tes matematika untuk Badan Koordinasi Penanaman Modal lebih rumit daripada tes matematika untuk KEMKOMINFO. Selain itu, tes untuk beberapa lembaga hanya dua tahap, tetapi untuk Kementerian Luar Negeri bisa empat tahap.

Karena itu, cari tahu tentang tes CPNS lembaga yang Anda inginkan. Lebih baik jika Anda memilih institusi yang sesuai dengan minat Anda atau disejajarkan dengan jurusan Anda di perguruan tinggi sehingga peluang Anda lulus tes CPNS lebih besar. Peluang Anda untuk diterima sebagai pegawai negeri juga lebih besar jika Anda memilih posisi yang memiliki banyak lowongan.

Tips Belajar Latihan Pertanyaan Tes CPNS

Tes CPNS terdiri dari dua jenis, yaitu Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKD dibagi lagi menjadi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Masing-masing memiliki nilai ambang kelulusan alias nilai ambang yang harus dipenuhi untuk dapat lulus tes CPNS, yaitu 80 untuk TIU, 75 untuk TWK, dan 143 untuk TKP.

Berikut tips dan trik untuk mengerjakan setiap tes:

1. TIU

Fokus pada menjawab pertanyaan yang menurut Anda mudah terlebih dahulu. Misalnya, jika Anda lemah dalam kemampuan numerik dalam bentuk aljabar, Anda dapat mengerjakan serangkaian masalah mudah terlebih dahulu. Anda dapat menjawab jenis masalah ini dengan mudah jika Anda teliti dan rajin berlatih mengerjakan masalahnya. Atau, memprioritaskan mengerjakan kemampuan verbal dalam bentuk sinonim, antonim, dan analogi, keterampilan berpikir logis dalam bentuk silogisme, atau keterampilan berpikir analitis dalam bentuk pertanyaan spasial.

2. TWK

TWK terdiri dari pertanyaan-pertanyaan Pancasila, UUD 1945, sejarah perjuangan bangsa, hingga sistem administrasi negara Indonesia. Seperti halnya pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang penuh karakter, jangan anggap remeh tes ini dengan hanya memilih jawaban terbaik dan terpanjang dari daftar jawaban, ya, Pintarian. Anda harus mempelajari segalanya semaksimal mungkin untuk dapat menjawab pertanyaan TWK dengan benar.

3. TKP

Sedangkan untuk TKP, Anda hanya dapat memilih jawaban terbaik di antara yang lain. Selain itu, Anda juga harus jujur ​​dalam menjawab pertanyaan, karena jawaban Anda dapat mencerminkan siapa Anda. TKP juga dapat dipelajari melalui buku latihan tes CPNS karena biasanya pertanyaan yang keluar kurang lebih sama.

4. TKB

Untuk posisi dalam kementerian, jika Anda lulus TKD, Anda akan melanjutkan ke tahap TKB. Ini adalah pentingnya memilih posisi yang sesuai dengan minat Anda atau sesuai jurusan Anda di perguruan tinggi. Karena, pertanyaan yang keluar akan terkait dengan posisi yang Anda ambil.

Misalnya Anda memilih posisi Analis Kebijakan Pertama, materi yang dimaksud adalah tentang kebijakan publik. Jika Anda telah mempelajari hal ini sejak kuliah, peluang Anda untuk lulus ujian CPNS akan lebih besar karena Anda akan memahaminya dengan lebih mudah.

Anda dapat melakukan latihan tes CPNS dengan membeli buku pertanyaan yang dilengkapi dengan perangkat lunak simulasi Computer Assisted Test (CAT) atau melalui aplikasi CAT CPNS yang tersedia di Play Store. Anda juga dapat mencoba simulasi tes CPNS online di Pintaria gratis, lho!

Menjelang ujian

Persiapkan diri Anda dengan baik mulai tes H-1 hari. Kenakan kemeja putih polos (dan jilbab hitam polos jika Anda mengenakan kerudung), bawahan hitam polos, dan sepatu hitam. Bawa KTP Anda dan dokumen lain yang diperlukan.

Jangan lupa untuk mensurvei lokasi tes terlebih dahulu sehingga Anda tidak tersesat dan tahu kendaraan apa yang harus Anda tuju. Sehari sebelum ujian, Anda tidak perlu begadang dan belajar dengan serius lagi, ya, sehingga besok Anda bisa mengerjakan soal dengan tenang dan nyaman.

Pada hari-H, jangan lupa makan sarapan sehingga Anda bisa lebih berkonsentrasi pada pertanyaan. Pastikan Anda datang sebelum waktu ujian yang ditentukan. Jangan sampai terlambat, karena itu akan membuat Anda panik dan kurang waktu mengerjakan masalah. Mulailah mengerjakan masalahnya dengan berdoa.

Semoga Anda lulus tes CPNS dan diterima di posisi yang Anda inginkan.
LihatTutupKomentar