-->

Inilah 6 Cara Mengatur Keuangan Agar Hidup Lebih Hemat dan Tidak boros

Celengan Babi Foto Dok : photopin
Anda ingin mempunyai uang banyak dan hidup tercukupi. Tetapi terkadang sudah kaya raya, tetapi hidup masih kekurangan, Yang terpenting, Anda bisa mengendalikan pengeluaran Anda dalam hidup.

Orang yang pandai dengan uang selalu mencari cara untuk hidup sesuai kemampuannya. Dalam benaknya, sebisa mungkin menghabiskan uang lebih sedikit dari yang seharusnya.

Bahkan, dari sejumlah survei, orang yang dapat mengelola keuangannya dapat memiliki rumah dan mobil dibandingkan dengan orang yang dibayar lebih. Bagaimana bisa?

Dilansir dari halaman Business Insider, Jakarta, Minggu (19/10/2019), berikut ini adalah hal-hal yang dihindari bagi orang yang mengelola keuangan mereka.

1. Tidak Perlu Membeli Mobil Terbaru

Menurut pakar manajemen keuangan, Lynnette Khalfani, orang yang benar-benar memiliki kekayaan atau mungkin seorang jutawan akan mengendarai mobil dengan usia 5 hingga 10 tahun.

Jika dihitung, mobil baru kehilangan 10% dari nilainya di bulan pertama dan 20% dari nilainya di tahun pertama. Namun, mereka yang dapat mengelola keuangannya tidak akan mau menanggung kekurangan nilai.

Orang yang mengelola keuangannya akan lebih baik membeli barang bekas. Selanjutnya, hanya merawat mobil yang sama untuk sementara waktu dapat menghemat banyak uang.

2. Jangan leasing Mobil Baru

Ketika berbicara tentang leasing, Khalfani-Cox mengatakan bahwa seseorang yang pandai menggunakan uang kemungkinan akan berbalik ke arah lain. "Mereka tidak akan mengatakan, 'Oh, biarkan saya menyewa mobil $ 50.000 ini, dan kemudian tahun depan biarkan saya menyewa yang lain,'" katanya.

Sewa masih akan melibatkan uang muka, dan meskipun pembayaran bulanan dan pembayaran di muka mungkin lebih rendah, Anda tidak akan pernah memiliki apa pun yang Anda bisa dengan pinjaman. Meskipun sewa mungkin tampak seperti cara untuk menghindari utang dalam jangka pendek, mereka yang mahir dengan uang akan melihatnya secara berbeda.

"Jika Anda termotivasi oleh biaya jangka panjang terendah, membeli dan merawat mobil Anda lebih lama akan lebih masuk akal secara finansial," kata Alain Nana-Sinkam, wakil presiden inisiatif strategis di TrueCar.

3. Beli Rumah Anda Bisa

Kehidupan yang hemat tentu akan membeli rumah dengan kemampuannya. Tentunya mereka tahu perhitungan dalam berhemat.

Ketika Anda ingin membeli rumah, Anda membeli rumah yang jauh lebih kecil di usia tua. Ini akan meninggalkan banyak uang Anda ketika Anda pensiun.

Alih-alih membeli rumah besar dan mahal, orang-orang yang hidup hemat hanya untuk bersenang-senang. Jika Anda membeli rumah yang lebih besar, Anda akan memiliki lebih sedikit uang untuk menabung dan berinvestasi setiap bulan menuju pensiun dini.

4. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Kehidupan hemat tentu akan membeli barang secara kredit sesuai dengan kapasitas keuangan. Jika Anda membeli seharga $ 2.000, Anda harus menemukan cara untuk membayar tanpa bunga.

Menjaga batas kartu kredit Anda tetap likuid akan membuat beban Anda tidak terlalu berat.

5. Tidak Perlu Membeli Barang Mewah dan Bermerek

Label terkenal tentu akan membuat orang awam tertarik. Namun, untuk kehidupan yang hemat, cukup untuk membeli apa pun yang dibutuhkan.

Seperti barang-barang materi, banyak orang kaya memilih untuk berbelanja dengan label terkenal. Hemat tentu tidak akan melakukan itu.

6. Pastikan Memilih Barang Material Berkualitas Bukan Kuantitas

Jika Anda mengisi lemari, kehidupan yang hemat akan mengisi lemari dengan barang-barang yang bertahan lama. Sebanyak mungkin kualitas pakaian menjadi nomor satu dibandingkan dengan terlalu banyak pakaian yang jarang akan digunakan nanti.
LihatTutupKomentar