-->

[VIRAL] Qurban Itu Gak Wajib, Yang Wajib Itu Berhijab

Sebuah papan iklan yang diplester di kota Bandung, Jawa Barat banyak dibahas di media sosial. Iklan di papan iklan menunjukkan kambing terselubung.

Sejumlah warga mengambil foto dan mengunggah foto papan reklame ke Twitter sejak awal Agustus ini.

"Selamat Iduel Adha Tahun 1440 Hijriyah," kalimat tersebut pertama tercantum di dalam papan iklan. Di sampingnya ada juga pernyataan Dirgahayu RI ke-74.

Sementara kalimat di tengah, yang dicetak besar, berbunyi, "Qurban itu tidak wajib, yang wajib.

Tidak hanya itu, gambar kepala hewan mengenakan jilbab merah muda sambil menjulurkan lidahnya juga menghiasi papan iklan.

Tiba-tiba warga marah dengan materi iklan dari perusahaan ritel pakaian Muslim Rabbani.

Sebuah tweet : Aku benar-benar bingung ..." tulisan tweet tersebut oleh akun @ajgdefg, pada Jumat (6/2/20/2019), menyertai foto billboard Rabbani, yang sekarang telah di-retweet lebih dari dua ribu kali.

Foto yang sama kemudian diunggah kembali oleh pengacara, Muannas Alaidid, Minggu (4/8/2019). Dia menjelaskan masalah dengan iklan dari perspektif hukum.

"Jika papan reklame ini benar, Miris! Kenapa? Ini bukan tentang pameran dagang, tetapi tentang hukum, karena mungkin ada pelanggaran dalam perasaan orang lain ketika hewan diberi jilbab. Jadi kadang-kadang kita suka tidak adil dengan istilah ' pencemaran nama baik 'hanya kebencian yang ditujukan kepada bukan kelompok, "tulis @muannas_alaidid.

Berdasarkan beberapa komentar untuk kedua tweet itu, lokasi persis dari papan reklame kambing jilbab adalah di Gerbang Tol Pasteur.

Adapun, aktivis Dakwah yang bernama Hilmi Firdausi, yang juga mengupload tangkapan kameranya ke papan iklan yang sama, menjelaskan bahwa iklan tersebut secara tidak langsung mengundang umat Islam untuk tidak berkorban.

"Sebelumnya setelah mengisi studi di Bandung, saya menemukan iklan dari salah satu Produsen Pakaian Muslim di jalan-jalan Bandung ... Saya tidak berpikir editorial sesuai. Memang Qurban atau tulisan VICTIM tidak wajib, tetapi ini sepertinya menjadi undangan untuk tidak perlu berkorban. Mudah-mudahan itu akan dikoreksi oleh pihak terkait, "kicau @ Hilmi28, Sabtu (3/8/2019).

Salah satu warga yang mengunggah foto iklan Rabbani dengan gambar kambing jilbab adalah @ratrishanadya.

"Menjadi senang dengan tulisan-tulisan Rabbani suka mengundang saya dengan sinis," katanya, Sabtu.

Belum ada tanggapan dari Rabbani mengenai iklan viral.
LihatTutupKomentar